Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka. DAFTAR PUSTAKA-Dalam tulisan satu karya ilmiah, kita dituntut untuk menyediakan info dengan dibarengi sumber yang betul. Tuntutan menyediakan info dengan sumber yang betul itu yang membuat tulisan daftar pustaka diperlukan serta diwajibkan. Nah, dalam kiriman ini, akan diulas mengenai langkah menulis sumber cuplikan serta daftar pustaka, dan misalnya!

daftar pustaka

Daftar pustaka yakni daftar yang berisi mengenai semua buku atau tulisan yang dibuat referensi atau dasar dalam penelitian. Ada banyak faedah pencantuman daftar pustaka atau catatan kaki, baik buat penulis, pembaca atau penyumbang data/sumber yang diambil, yakni:

1. penuhi norma penulisan;

2. untuk perkataan terima kasih penulis pada penyumbang data;

3. untuk simpatisan inspirasi seorang penulis sebab umumnya sumber yang diambil dicatat oleh ahli yang terkenal;

4. untuk panduan untuk mencari kebenaran data yang diambil;

5. untuk rujukan silang, yakni memperlihatkan pada halaman atau sisi mana data itu diambil.

Salah satunya peranan cuplikan untuk memperkuat atau memberikan dukungan tulisan ilmiah Anda. Oleh karenanya, Anda harus memberikan sumber cuplikan Anda dengan singkat dibagian akhir sesudah kalimat cuplikan atau pas sebelum kalimat cuplikan (terdekat dengan kalimat cuplikan) serta tuliskan sumbernya dengan cara komplet pada daftar pustaka. Dengan lakukan ini sebetulnya Anda sedang menghindari diri dari permasalahan di masa datang berkaitan dengan ambil hak cipta karya tulisan seorang tanpa ada ijin.

Saat Anda tuliskan dengan cara komplet sumber cuplikan serta daftar pustaka, sebetulnya Anda sedang menghormati orang yang memiliki inspirasi itu. Disamping itu, pernyataan jika teks di bagian itu ialah dari inspirasi, alasan, serta atau analisis orang lain.

Salah satunya faedah dari tuliskan sumber cuplikan serta daftar pustaka dengan cara komplet ialah menolong pembaca yang ingin ketahui bertambah dalam mengenai cuplikan itu. Terkadang pembaca tertarik untuk membaca bertambah dalam tulisan yang Anda kutip. Dengan begitu, pembaca bisa mencari info dari sumber cuplikan dan memperoleh perincian selengkapnya pada daftar pustaka.

Berdasar langkah mengutipnya, cuplikan dibagi jadi 2 tipe (Kampus Kristen Petra, 2008) yakni:

Yakni penulis ambil inspirasi seseorang, selanjutnya menyusunnya dengan kalimat sendiri. Ini bermakna penulis tidak menulis persis sama dengan kalimat asli yang dikutip. Penulis menyusun serta meringkas kalimat berdasar sumber lain atau artikel.

Yakni menulis lagi inspirasi seseorang sesuai aslinya. Ini bermakna penulis langsung memakai tehnik copy lalu paste tanpa ada mengganti kalimat aslinya.Ada dua tipe cuplikan langsung, yakni cuplikan langsung panjang serta cuplikan langsung pendek. Ke-2 cuplikan ini tidak sama langkah ketentuannya dan tuliskan.

a. Cuplikan langsung pendek

Ketentuan: i. APA Style(American Psychological Association)

Bila panjang kalimat yang diambil tidak lebih dari 40 kata.

ii. MLA Model (Kekinian Language Asociation)

Bila panjang kalimat yang diambil tidak lebih dari 4 baris

Langkah tuliskan: Cuplikan langsung pendek dituliskan jadi satu dalam paragraf karya tulisan Anda, imbuhkan sinyal petik pada cuplikan hingga sinyal petik ini jadi pembatas di antara kalimat Anda dengan kalimat cuplikan. Sumber cuplikan dicatat sedekat kemungkinan dengan kalimat cuplikan.

b. Cuplikan langsung panjang

Tipe cuplikan ini juga dikenal dengan arti block quote. Ketentuan:

i. APA Style(American Psychological Association)

Bila panjang kalimat yang diambil lebih dari 40 kata.

ii. MLA Model (Kekinian Language Asociation)

Bila panjang kalimat yang diambil lebih dari 4 baris

Langkah tuliskan: Sesuai arti yang mengikutinya, yakni dengan membuat blok kalimat yang diambil tanpa ada sinyal petik, ukuran font, serta spasi sesuai karya tulisan tapi dicatat menjorok/masuk 1 cm (5 spasi) dari batas margin kiri tulisan Anda. Oleh sebab kalimat yang diambil ini termasuk banyak/panjang karena itu kalimat cuplikan dipisah dari kalimat Anda.

Setelah itu, berikutlah tata langkah tulisan serta contoh daftar pustaka dipisah berdasar sumbernya:

Ada banyak hal yang penting diingat saat menulis daftar pustaka dari sumber buku. Tetapi, hal paling penting ialah memerhatikan sinyal bacanya dan posisi. Berikut posisi satu rujukan dari buku.

Nama penulis dicatat paling awal. Ingat-ingatlah selalu untuk tuliskan nama belakang penulis terlebih dulu, selanjutnya diteruskan dengan sinyal koma (,) kemudian sertakan nama depan serta tengah penulis buku itu. Bila buku itu adalah karya dari dua penulis atau bisa lebih, cuma penulis pertama yang posisi namanya dibalik. Penulis ke-2 dan sebagainya ada sesudahnya dengan posisi yang sesuai dengan nama aslinya. Bila pada buku itu nama penulis tercantum komplet dengan gelar pendidikan atau gelar lain, gelar-gelar itu tak perlu dituliskan.

Contoh:

• Mahaso, Ode (Ed.). 1997.

Contoh:

• Sumardjan, Selo serta Marta Susilo.

• Kusmadi, Ismail. Awal A., serta Eva R.

Contoh:

• Kartika, Salma dkk.

• Susan, Alberta et. all.

Contoh:

• Keraf, Gorys. 1979.

• _________.1982.

• _________.1984.

Contoh:

• Bakri, Oemar. 1987a.

• __________.1987b.

Sesudah nama, sertakan tahun keluar dari buku yang rekan-rekan pakai untuk rujukan. Jangan tertipu pada angka tahun cetakan awal karena bisa buku yang kamu gunakan adalah cetakan ke-2, ke-3, atau terakhir.

Tulis judul bukumu dengan cara komplet. Janganlah lupa, tulisan judul dibikin dengan italic (miring).

Sisi paling akhir dalam tulisan daftar pustaka satu buku ialah memberikan kota penerbitan serta nama penerbit yang cetak buku itu. Utamakan tulisan nama kota, baru diiringi dengan nama penerbit yang dibatasi dengan sinyal titik dua (:).

Hal-hal lain yang penting diingat ialah sinyal batas dari setiap posisi. Tekankan rekan-rekan memakai sinyal titik (.) untuk batasi posisi nama, tahun keluar, judul buku, sampai nama penerbit dan kota.

Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Data Buku:

Judul : Family Medical Care Volume 4

Penulis : Dr. John F. Knight

Penerbit : Indonesia Publishing House

Kota Penerbit : Bandung

Tahun Keluar : 2001

Langkah Tulisan:

Knight, John F. 2001. Family Medical Care Volume 4. Bandung: Indonesia Publishing House.

Hampir sama dengan tulisan dari sumber berbentuk buku, rekan-rekan juga perlu memberikan nama penulis, tahun keluar, judul artikel, sampai nama penerbit dan kota. Namun, ada ketidaksamaan tulisan untuk beberapa posisi itu, yaitu untuk berikut.

Tekankan nama yang rekan-rekan catat dalam perincian pustaka artikel itu ialah penulis artikelnya, bukan editor dari jurnal, koran, atau majalah sebagai sumber rujukan.

Utamakan tulisan judul artikel sebagai sumber rujukan. Tulisan tidak dengan pola italic, tetapi tegak lurus dengan pemberian sinyal kutip (") penutup dan pembuka. Kemudian, teruskan dengan tulisan sumber jurnal atau majalah yang berisi artikel itu. Tulisan nama jurnal, majalah, atau koran baru diciptakan miring. Sertakan di halaman berapakah artikel itu dimuat yang dicatat dalam sinyal kurung [(…)].

Contoh Tulisan Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal

Data Artikel:

Judul Jurnal : Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan serta Kesastraan Volume 1

Judul Artikel : Bahasa Indonesia dalam Info serta Iklan di Ruangan Publik Kota Pangkalpinang

Penulis : Umar Solikhan

Penerbit : Kantor Bahasa Propinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan

Kota Keluar : Pangkalpinang

Tahun Keluar : 2013

Langkah Tulisan:

Solikhan, Umar. 2013. "Bahasa Indonesia dalam Info serta Iklan di Ruangan Publik Kota Pangkalpinang" dalam Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan serta Kesastraan Volume 1 (hlm. 123-129). Pangkalpinang: Kantor Bahasa Propinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan.

Tabah, Anton. 1984. "Polwan makin efisien dalam Penegakan Hukum ".Dalam Cahaya Keinginan, 1 September 1984. Jakarta.

Kartodirjo, Sartono. 1977. "Cara Pemakaian Dokumen ".Dalam Koentjaraningrat (Ed.). 1980. Cara-cara Riset Warga. Jakarta: Gramedia.

Demikian langkah tulisan sumber cuplikan serta daftar pustaka dan contoh-contohnya. Mudah-mudahan langkah tulisan serta beberapa contoh daftar pustaka di atas bisa menolong beberapa penulis serta calon penulis dalam proses menulis buku, hingga proses tulisan bisa bertambah gampang dan cepat.

1 komentar untuk "Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka"