Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bikin Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Cara Bikin Daftar Pustaka dari Sumber Buku. Daftar pustaka buat mahasiswa, dosen, serta ilmuwan ialah hal yang penting. Mahasiswa memakai daftar pustaka dalam pelaksanaan skripsi, dan dosen serta periset gunakan daftar pustaka buat memperlihatkan rekomendasi dalam tulisan ilmiah. Tetapi, apa memang daftar pustaka itu?

Cara Bikin Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Daftar pustaka (Bibliography) menurut Kamus Kampus Cambridge, merupakan suatu daftar buku atau artikel yang dipakai oleh seorang saat menuliskannya satu artikel atau buku. Kata Bibliography adalah turunan kata dari bahasa Yunani, ialah biblion yang bermakna buku atau kitab, serta graphia yang bermakna menulis. Lewat cara harfiah, Bibliography bermakna tulisan buku.

Daftar pustaka normalnya bisa didapati diakhir buku atau artikel, yang memperlihatkan kabar atau sumber bacaan dari penulis. Daftar pustaka dibedakan menurut type bacaan yang dimanfaatkan buat sumber bacaan. Tulisan daftar pustaka dari sumber buku, barisannya yaitu:

1. Nama penulis Dalam tulisan daftar pustaka, nama penulis dituliskan pertama. Pengaturan daftar pustaka diurutkan berdasar nama akhir penulis dalam posisi alfabetis.

Apabila nama penulis terdiri lebih dari dua kata, karena itu barisannya berubah menjadi nama paling akhir, baru nama pertama lalu nama kedua. Pakai isyarat koma "," untuk memisahkan nama akhir serta nama pertama penulis.

Contoh:
Keraf, Gorys. 1979.

Bila pengarang terdiri dalam dua atau 3 orang, nama pengarang pertama dituliskan dengan cara terbalik, lalu penulis kemudian dicatat sesuai dengan nama aslinya. Untuk buku yang dicatat oleh 2 orang, pakai kata hubung "serta" di antara penulis pertama dengan penulis kedua.

Untuk buku yang dicatat oleh 3 orang, kata hubung "serta" dimanfaatkan pada nama orang ke-2 serta nama orang ke-tiga.

Contoh :
Kusumaningrat, Hikmat serta Purnama Kusumaningrat. 2007.
Heidjrahman R., Sukanto., serta Irawan. 1980.

Bila pengarang terdiri lebih dari pada 3 orang, tuliskan nama pengarang pertama dengan terbalik, lantas imbuhkan singkatan "dkk" (serta rekan-rekan) atau et.all

Contoh:
Keraf, Gorys dkk. Barlow R., et. all.

Apabila sejumlah buku dicatat oleh pengarang yang serupa, nama pengarang cukup dicatat pada buku yang dimaksud pertama. Seterusnya, dibikin garis selama 10 ketukan serta disudahi dengan isyarat titik.

Seusai nama pengarang, tuliskan tahun muncul dengan dibubuhkan sinyal titik. Bila tahun keluar tidak sama, barisan dilaksanakan menurut yang sangat lama ke yang sangat baru.

Keraf, Gorys. 1979
__________.1982
__________.1984

2. Tahun keluar Tahun muncul dicatat memanfaatkan angka, adalah tahun dimana buku itu diluncurkan.

3. Judul buku Judul buku menunjuk pada nama satu buku yang dengan rinci dipakai jadi sumber dalam penulisan. Judul buku dituliskan dengan tulisan miring serta memanfaatkan huruf kapital di tiap-tiap awal kata terkecuali untuk kata hubung.

4. Kota serta nama penerbit Imbuhkan isyarat titik dua ":" di antara nama nama penerbit dan kota.
Contoh daftar pustaka dari buku:
Judul: Teliti Televisi.
Penulis: Arswendo Atmowiloto.
Tahun: 1986.
Penerbit: Gramedia
Kota Penerbit: Jakarta.
Teknik Tulisan: Atmowiloto, Arswendo. 1986. Pelajari Televisi. Jakarta:Gramedia.

Posting Komentar untuk "Cara Bikin Daftar Pustaka dari Sumber Buku"